Thursday, December 17, 2015

TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG



Danendra Rifqi Prayoga
224115313
S1 MTU G
Pengantar Aplikasi Komputer
“Tutorial Cara Membuat Blog”


Kata Pengantar

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas mengenai Tutorial Cara Membuat Blog. Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami.
Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. 

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian. 

Penyusun:
Danendra Rifqi P












Daftar isi


 












 

Sejarah Blog


Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.


Pengertian Blog


Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.

Jenis Blog


1. Niche Blog
Jenis Blog ini adalah blog yang mengulas suatu topik secara mendetail atau secara khusus, Isi artikel blog ini selalu memuat permasalahan topiknya. Seperti Blog Kesehatan, blog Bisnis dan masih banyak lagi.
2. General Blog
Blog ini adalah blog yang isi artikel blog nya mengulas berbagai macam topik, jadi blog semacam ini tidak akan mengulas topik secara khusus. Jenis Blog ini banyak disukai blogger karena tidak membutuhkan pemikiran yang khusus untuk membuat artikel atau kontennya.
Jenis Blog Berdasarkan Platformnya
1. Blog Free / Blog Gratis
Blog ini dalah blog yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanannya, Membuat blog semacam ini tidak dikenakan biaya karena sudah disediakan oleh pihak ketiga baik itu hosting maupun subdomainnya. yang banyak beredar adalah Blogspot dan WordPress. Tetapi kelemahan jenis blog ini adalah harus mencantumkan nama pihak ketiga.
2. Self-Hosting Blog
Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan cara berbayar, karena jenis blog ini berbayar maka anda akan bebas meneentukan domain sesuai keinginan. Pembayaran tersebut untuk menyewa hosting dan domain, contohnya adalah blog yang sedang anda baca “dengancara.com” dan banyak lagi yang lainnya.

3. Corporate Blog
Jenis blog ini adalah blog suatu badan usaha atau perusahaan, isi kontennya pun menjelaskan seluruh kegiatan dan info perusahaan seperti company profile, produk dll.
Jenis Blog Berdasarkan Tujuannya
1. Monetisasi Blog
Jenis blog ini adalah dimana tujuan pemilik blog untuk  mendapatkan penghasilan dari blog mereka, Biasanya jenis blog semacam ini sudah teroptimasi SEO dengan baik dan benar. Sudah banyak publishe di Indonesia, Kebanyakan para publisher mengandalkan Google Adsense.
2. Personal Blog
Blog ini adalah dimana pemilik blog menyediakan berbagai macam konten yang berdasarkan opininya sendiri, biasanya jenis blog ini berisi konten tentang curahan hati atau bisa juga di bilang media tempat curhat.
3. Catalog Blog
Jenis blog ini adalah blog yang artikel blog nya menyajikan berbagai macam informasi produk dan sejenisnya, Tujuannya adalah sebagai bahan referensi kepada para pembacanya.
Blog Berdasarkan Formatnya
1. Blog Copy Paste
Jenis blog ini adalah blog yang isi artikelnya adalah hasil dari copas dari blog orang lain, Biasanya pemilik jenis blog ini adalah seorang yang pemalas yang tidak bisa membuat kreatifitas sendiri.


2. Vlog
Jenis blog ini adalah blog yang berisikan dengan konten video saja.
2. Aidio Blog
Blog ini adalah blog yang berisikan konten utamanya adalah file musik yang bisa di download.
.

Manfaat dan Kegunaan Blog


Mungkin beberapa diantara kalian sudah mengenal apa itu yang namanya Blog ataupun Blogger. Atau beberapa dari kalian sudah memiliki blog, atau mau belajar ngeblog. Blog sediri berasal dari kata Weblog yang asal muasalnya digunakan sebagai catatan seperti catatan harian, atau sebagainya. Namun saat ini Blog berkembang pesat dan memiliki banyak manfaat untuk kita semua.
Semua orang bisa memiliki Blog dengan gratis dan juga mudah. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah Email dan juga sedikit kreativitas untuk menulis. Namun, jika anda masih belum memiliki blog, anda bisa mengetahui Cara Membuat Blog di blog saya ini.
Blog sendiri sebenarnya ada banyak, namun fungsi Manfaat dan Kegunaan Blog semuanya hampir sama. Mungkin beberapa dari kalian sudah merasakan beberapa manfaat blog yang bisa dipetik, sepeti manfaat sharing, manfaat ilmu, dan sebagainya. Namun masih ada orang awam yang tidak mengerti apa itu blog, serta apa manfaat dan kegunaan blog sendiri. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai apa saja sih manfaat ngeblog yang bisa kita dapatkan.


Berbagi dengan Orang Lain
Blog saat ini sudah berkembang sebagai media pembelajaran. Anda bisa berbagi ilmu anda melalui blog dengan mudah. Sehingga, anda bisa berbagi kepada orang lain di seluruh dunia dengan media ini. Misal, anda memiliki ilmu mengenai gadget, anda bisa berbaginya dengan teman anda di Amerika Serikat, ataupun yang ada di Surabaya.
Blog Media Kreatifitas
Kreatifitas tentunya tidak hanya berupa menggambar, melukis, atau hal yang lainnya. Kreatifitas juga merupakan bentuk tulisan. Dengan mempunyai blog, anda bisa melatih kreatifitas anda saat menulis di blog. Karena anda dituntut untuk membuat artikel yang unik, inspiratif, dan juga kreatif.

Sebagai Media Mencari Teman
Tidak hanya dengan Facebook, Twitter untuk mencari teman. Karena dengan blog sendiri, kita bisa mencari teman dari berbagai tempat. Saya sendiri sudah memiliki banyak teman dari berbagai tempat seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Palembang, Kalimantan, bahkan ada yang dari luar negeri.
Blog Sarana Mencari Uang
Tidak hanya mencari teman, mengasah kreatifitas, Blog juga bisa bermanfat untuk mencari uang. Namun tentunya tidak mudah untuk menghasilkan uang dari Blog. Harus memiliki jiwa bekerja keras dan juga mau berusaha untuk bisa Menghasilkan uang dari blog.

Blog Sebagai Identitas   
Blog juga bisa berguna sebagai identitas. Yang dimaksud disini adalah bisa identitas personal, perusahaan, atau identitas grup dan sejenisnya. Karena dengna Blog, kita bisa berkomunikasi dengan teman, client, partner, atau bahkan pelanggan. Sehingga anda lebih leluasa untuk menjelaskan seperti apa yang anda atau seperti apa yang anda tawarkan kepada mereka.

Situs-situs Penyedia Layanan Blog Gratis


Saat ini banyak sekali situs-situs yang menyediakan layanan blog secara gratis. Bahkan tidak hanya dari luar negeri, tetapi datang dari dalam negeri. Dengan demikian semakin mudah untuk membuat blog bagi para pemula. 
Tetapi semua penyedia layanan blog tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu semua kembali kepada penggunanya nanti akan merasakan sendiri setelah menggunakannya. Situs penyedia layanan blog gratis ini bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk berbagai keperluan, seperti membangun branding, berbagi, dan bahkan mendapatkan rejeki.  
Berikut situs-situs penyedia layanan blog gratisan baik dari dalam dan luar negeri

Blogger Blogger merupakan situs penyedia layanan blog gratis yang dibeli oleh Google. Blogger sangat populer dan banyak digunakan oleh para pengguna internet di dunia, layanan blog yang berada di situs ini sangat mudah untuk digunakan baik orang yang belum paham menggunakan Internet. Blogger memang sangat cocok digunakan untuk menulis sebuah catatan pribadi atau digunakan oleh jurnalis dalam menulis sebuah berita atau informasi dalam blog. Kelebihannya sudah bisa dimonetise walaupun belum menggunakan domain sendiri. 
Wordpress. Wordpress merupakan situs penyedia layanan blog gratis yang sangat populer dan banyak digunakan, wordpress bisa digunakan untuk sebuah website. Wordpress di bangun dengan sebuah bahasa pemrograman PHP dan berbasis data (database) MySQL. Wordpress ini sangat cocok digunakan untuk sebuah website komersial atau juga untuk sebuah website jual beli. Kelebihannya sangat cepat untuk digunakan dalam hal SEO (Search Engine Optimization) tetapi kekurangannya belum bisa dimonetize sebelum menggunakan domain sendiri. 
Weebly.  Weebly merupakan situs penyedia layanan blog gratis, situs ini memang belum terlalu dikenal banyak oleh pengguna internet, karena populeran dengan Blogger dan Wordpress. Bahkan di Indonesia banyak blogger yang menggunakan Weebly yang isinya penipuan. 
Tumblr. Tumblr merupakan salah satu situs penyedia layanan blog gratis, situs ini sudah dikenal banyak orang namun tidak semuanya menggunakan tumblr dalam membuat sebuah blog. Tumblr ini juga sering digunakan sebagai situs mikroblog dan juga jejaring sosial. Sama dengan yang lainnya layanan blog ini memungkinkan untuk memposting sebuah infromasi baik berupa text ataupun multimedia. 
LiveJournal. LiveJournal merupakan situs penyedia layanan blog gratis, situs ini tidak beda jauh dengan layanan blog lainnya, LiveJournal juga bisa kita sebut sebagai situs jejaring sosial. LiveJournal merupakan penyedia blog open source yang bisa kita sebut sebagai blog gratis. 
Blogdetik. Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia ada Blogdetik. Situs penyedia blog gratis ini dibawah bendera Detik.com situs media online pertama dan terbesar di Indonesia. Kelebihan Blogdetik adalah sering ada event atau acara dengan hadiah yang menarik dan bisa digunakan untuk monetize walaupun berbasis Wordpress. 
Kompasiana. Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia lainnya adalah Kompasiana. Kompasiana merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Kompasiana sering mengadakan acara dan kopdar menarik bersama blogger Kompasiana yang disebut Kompasianer. Kelebihan dari Kompasiana adalah banyaknya penulis dengan kualitas yang mumpuni sehingga terkesan tulisan lebih berbobot. Kekurangannya blog kompasiana tidak bisa dimonetise. 
Indonesiana. Penyedia jasa blog gratisan terbaru dari Indonesia lainnya adalah Indonesiana yang merupakan anak perusahaan dari Tempo. Blog ini digunakan untuk jurnalisme warga dari seluruh Indonesia. Kekurangannya tidak bisa dimonetise. 

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru


Belajar cara membuat blog gratis di blogspot sendiri tidaklah sulit, apalagi dengan menggunakan blogger, dengan beberapa langkah saja blog anda sudah bisa jadi dan langsung online. Tapi bukan cuma itu yang akan dijelaskan oleh CaraSpot.com di sini, karena segala hal yang menyangkut pengaturan atau settingnya juga akan diterangkan prosesnya secara detail sehingga nantinya tampilannya bukan hanya keren dan menarik saja, tapi juga SEO Friendly (Search Engine Optimization: optimasi mesin pencari agar mudah terindeks mesin pencari). Ini penting karena yang namanya artikel baru bisa dikatakan bagus kalau bukan hanya bahan, materi dan tulisannya yang berbobot, tapi juga ia bisa ditemukan di halaman pertama Google ketika orang mengetikkan kata kunci tertentu mengenai pembahasannya.
Sebelum lanjut soal cara bikin blog sebaiknya kita sedikit flash back mengenai defenisi atau pengertiannya. Menurut Wikipedia, blog adalah kependekan dari kata web log yang mana ini untuk menamakan aplikasi berbentuk web yang isinya lebih condong pada tulisan atau artikel yang umumnya tulisannya ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru hingga yang paling lama yang telah dipublish.
Tujuan utama dari pembuatan sebuah blog, apakah itu yang gratis atau berbayar seperti pada CaraSpot.com ini, adalah selain sebagai jalan untuk berbagi ilmu, saat ini juga sudah mulai marak digunakan untuk tujuan bisnis dan mencari uang lewat internet. Dan fakta menyebutkan bahwa saat ini, bahkan untuk pengguna blogger Indonesia saja, sudah banyak yang menghasilkan puluhan juta per bulannya hanya dengan modal blogspot gratisan tersebut. Penulis saat ini juga sudah merasakan manfaat dari mengelola blog ini. Tapi tentunya dengan syarat bisa bikin blog bermanfaat dan menarik, mulai dari desain tampilannya, logonya (baiknya buat di Logaster karena selain gratis fiturnya lengkap dan tanpa harus design sendiri tampilannya bisa langsung jadi). Oke, sebaiknya kita mulai belajar tekniknya:
Sebelum ini, kami ingin sampaikan bahwa yang namanya blog bisa dibuat dengan berbagai platform, tapi karena kebetulan hanya ada 2 CMS yang paling sering digunakan maka hanya itu tutorial yang kami sediakan. Berikut panduannya:
Langkah dan Proses Cara Membuat Blog Gratis dengan/Di Blogspot Sendiri Untuk Pemula (artikel di bawah)
Untuk tutorial kali ini CaraSpot akan memberikan panduannya untuk yang menggunakan platform blogger, dan selanjutnya di halaman berikutnya akan dilengkapi tutorial khusus untuk blog yang menggunakan WordPress. Selain itu, ada juga keterangan lain yang berkaitan dengan dunia blogging, mulai dari cara membuatnya masuk halaman 1 google, hingga bagaimana menghasilkan uang dari blogspot gratisan. Nah, berikut langkah bikinnya
1.  Buat Email Gmail terlebih dahulu.
Jika belum punya email silahkan belajar cara membuat email Gmail terlebih dahulu. Mengapa demikian? Ya, karena saat kita akan login, mau pun mulai daftar ke tempat bikin blognya, yakni Blogger.com, disyaratkan telah memiliki akun email gmail (bukan yang lain seperti yahoo, hotmail dan lainnya). Ini tidak saja untuk tujuan bikin blog, tapi bisa juga untuk keperluan lain, seperti daftar facebook, upload video di Youtube, dan lain sebagainya, jadi tak ada ruginya bila kita membuatnya, lagian kita bisa memanfaatkannya sebagai alat komunikasi.
cara daftar blogspot

2.  Masuk ke www.blogger.com
Setelah membuka alamat website resminya di atas maka anda akan melihat gambar seperti di bawah (jadi saat masuk yang diketik adalah blogger.com, tapi setelah jadi bagian akhir alamatnya adalah blogspot.com) Silahkan isi datanya dengan alamat email dan kata sandi email yang telah kamu buat sebelumnya, lalu klik ‘Masuk’ :
Keterangan:Di baris pertama isi dengan alamat email yang telah kamu buat sebelumnya, sedang di baris selanjutnya dengan kata sandi yang kamu pakai saat login ke akun emailmu. Pastikan jangan salah ketik karena huruf besar dan kecil dibedakan jika menggunakan password. Selain itu, lihat juga apakah caps lock pada keyboard tidak diaktifkan karena bisa menyebabkan semua huruf yang diketik jadi huruf besaR
3.  Mulai bikin blog baru
Setelah login selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman seperti yang tertera di bawah, silahkan klik tombol di sebelah kiri yang bertuliskan “Blog Baru”
cara membuat blog baru
4.  Beri Nama dan Pilih Alamat
Selanjutnya akan muncul halaman kecil yang mana terdapat 4 langkah singkat pembuatan blog di dalamnya, yaitu:
cara daftar blog di blogspot gratis

 





 

 

Ini blog saya



danendrawannasays.blogspot.com




 

Penutup


A.   Kesimpulan
Dari uraian bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Blog merupakan kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Blog juga bisa disebut sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Untuk pembuatanya pun tidak terlalu sulit, hal itu bisa kita lihat dari uraian bab 2 yang menjelaskan bagaiamana cara membuat dan memodifikasi blog.
B.   Saran
Untuk menciptakan sebuah blog maka kita harus mempunyai sebuah account  atau alamat email. Oleh karena itu sebelum membuat blog disarankan untuk membuat sebuah account email terlebih dahulu. Selain itu kita harus menentukan fungsi dan tujuan dari blog yang akan kita buat sehingga blog yang dibuat benar-benar bermanfaat.




 

Daftar Pustaka





No comments:

Post a Comment